Kamis, 13 Agustus 2015

ini dia 5 Manfaat Sawi Hijau Bagi kesehatan tubuh

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh - tentunya semua orang sudah mengenal yang namanya sawi.
yah, sawi adalah sayuran yang mempunyai banyak manfaat, di dalam sawi terdapat banyak kandungan fitonutrien seperti karotenoid, vitamin A, vitamin K, flavonoid dan masih banyak lagi.
ini dia 5 Manfaat Sawi Hijau Bagi kesehatan tubuh

Biasaya di indonesia sayuran sawi sering di olah sebagai tumis, Karena rasanya yang enak dan khas.

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh

  1. Menyehatkan tulang - Didalam sawi terdapat vitamin K yang bagus untuk tulang, Vitamin K sendiri berguna sebagai pengubah protein matriks tulang meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, Yaitu lebih dari 100% kebutuhan harian yang di rekomendasikan

  2. Mencegah kanker - Di dalam sayuran sawi terdapat senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates. yang dapat menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat.

  3. Baik untuk diabetes - Di dalam secangkir sawi rebus terdapat sekitar 8 gram serat. serat sangat penting bagi tubuh, setidaknya anda harus mengkonsumsi serat 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria. ini sangat di rekomendasikan oleh The Dietary Guidelines for Americans. Di samping itu sawi juga mengandung alpha-lipoic acid yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes.

  4. Menyehatkan kulit dan rambut - Dengan vitamin A yang terdapat pada Sawi, Vitamin A mempunyai nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.
  5. Membantu tidur dan Suasana Hati - Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

Nah gimana? cukup banyak bukan? dalam Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung :
  • 63 kalori
  • 5 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
  • lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
  • lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
  • 26% dari kebutuhan kalsium
  • 12% zat besi
  • dan 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.

sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium.
Sekian dari saya tentang artikel "5 Manfaat Sawi Hijau Bagi kesehatan tubuh" Semoga bermanfaat

Related Posts

ini dia 5 Manfaat Sawi Hijau Bagi kesehatan tubuh
4/ 5
Oleh

Berkomentarlah sesuai dengan topik
Jangan menyisipkan link aktif